Jumat, 05 Februari 2010

ISTILAH DALAM MUSIK

ISTILAH DALAM MUSIK

Di bawah ini adalah beberapa istilah dalam musik. Untuk nambah pengetahuan yuach....


Musik

bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Suara
Teori musik menjelaskan bagaimana suara dinotasikan atau dituliskan dan bagaimana suara tersebut ditangkap dalam benak pendengarnya. Dalam musik, gelombang suara biasanya dibahas tidak dalam panjang gelombangnya maupun periodenya, melainkan dalam frekuensinya. Aspek-aspek dasar suara dalam musik biasanya dijelaskan dalam tala (Inggris: pitch, yaitu tinggi nada), durasi (berapa lama suara ada), intensitas, dan timbre (warna bunyi).

Nada
Nada adalah suara terpilih yang terdengar enak. Suara dapat dibagi-bagi ke dalam nada yang memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan. Perbedaan tala antara dua nada disebut sebagai interval. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Tangga nada yang paling lazim adalah tangga nada mayor, tangga nada minor, dan tangga nada pentatonik. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut.

Ritme
Pengaturan bunyi dalam waktu. Birama merupakan pembagian kelompok ketukan dalam waktu. Tanda birama menunjukkan jumlah ketukan dalam birama dan not mana yang dihitung dan dianggap sebagai satu ketukan. nada-nada tertentu dapat diaksentuasi dengan pemberian tekanan (dan pembedaan durasi).

Melodi
Serangkaian nada dalam waktu. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut).

Harmoni
Secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan (seperti dalam arpeggio). Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan bersamaan biasanya disebut akord.

Notasi
Notasi musik merupakan penggambaran tertulis atas musik. Dalam notasi balok, tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Kedua unsur tersebut membentuk paranada, di samping petunjuk-petunjuk nada dasar, tempo, dinamika, dan sebagainya.

Pitch (Tinggi Nada)
Tinggi nada berkaitan dengan frekuensi atau banyaknya getaran tiap detik. Semakin besar frekuensinya semakin tinggi nada tersebut.


Durasi (Panjang Nada)
Panjang Nada merupakan lama suatu nada dibunyikan. Panjang nada dihitung dengan satuan hitung ketuk yang relatif.

Timbre
Dalam musik, Timbre adalah jenis suara yang dihasilkan atau kualitas dari suara yang mencirikan seseorang dengan orang yang lain yang sesuai dengan spektrum suara.

World Music
Jenis musik yang menggabungkan antara western dan non-western-music. World Music berkembang sejak komponis Claude Debussy memboyong gamelan jawa ke Paris pada tahun 1889 untuk meramaikan perayaan 100 Tahun Revolusi Prancis. Pada umumnya orang mengenal istilah World Music sebagai gabungan musik etnik setempat dengan western-music atau musik (dari) barat.

Refrain
Bentuk pengulangan musik dalam sajak/syair. Penggunaan Refrain selalu dihubungkan dengan musik populer, terutama Rock n Roll, dimana sebuah lagu/musik yang berstruktur Verse-Chorus-Verse dalam tiap nyanyian. Dalam musik Refrain mempunyai dua bagian, yang berhubungan dengan lirik lagu dalam sebuah nyanyian dan grace not : extra not yg tidak terlalu penting tetapi kalau dimainkan membuat lagu terdengar lebih enak dan variatif.nilai grace not sangatlah kecil.


Intensitas Nada

Intensitas nada berarti keras lembutnya bunyi suatu nada. Hal ini tergantung pada lebarnya getaran dan sifatnya relative. Beberapa lambang tanda dinamik dalam musik yang menunjukkan keras lemahnya nada.

f = forte = keras

ff = fortissimo = sangat keras

mf = mezzo forte = agak keras

p = piano = lembut

pp = pianissme = sangat lembut

mp = mezzo piano = agak lembut

crescendo = makin lama makin keras

decrescendo = makin lama makin lembut.


Tangga Nada Diatonis

Tangga nada diatonic terdiri dari nada-nada yang bertingkat-tingkat tingginya. Antara nada-nada tersebut terdapat jarak tertentu.


Tangga Nada Pentatonis

Tangga nada pentatonis hanya terdiri dari lima nada pokok.


Pulsa

Pulsa adalah ketukan dasar lagu dengan panjang durasi yang tetap.


Irama

Irama adalah ketukan memiliki durasi yang panjangnya tidak sama tetapi konsisten dan berulang-ulang dengan pola tertentu.


Birama

Birama merupakan pengelompokkan ketukan menjadi beberapa unit hitungan.


Interval

Interval adalah jarak antara nada satu dengan nada yang lain.


Accent

memberikan penekanan pada not


Stave

stave adalah 5 garis pararel pada partitur


ledger line

garis tambahan pada partitur,bisa diatas atau dibawah stave

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar